Rabu, 18 Maret 2015



MAKALAH

Sejarah Microsof Word
Diajukan Untuk Tugas Mata Kuliyah Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik)
Dosen pengampu ; Rini Marliana,St.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/0/00/Logo_UNU_Cirebon.jpg
DISUSUN  OLEH:
JUNIATI
NIM: 050113.1050

FKIP  PGSD  Semester 3 (A)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
FAKULTAS PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA
2015



KATA PENGANTAR

Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT. Shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan  dan rahmat-Nya penyusun  mampu  menyelesaikan  tugas  makalah ini guna memenuhi tugas mata kuliah TIK.

Makalah ini membahas segala hal yang berkaitan dengan Microsoft word seperti: sejarah Microsoft word, perkembangan Microsoft word, dan tampilan versi Microsoft word. penulis sangat berharap karya tulis ini dapat membantu kita untukmengetahui sejarah Microsoft word.

Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dari rekan-rekan, dan bimbingan dari dosen mata kuliah teknologi informasi dan komunikasi ibu Rini Marliana,St. Sehingga kendala-kendala penulis dapat teratasi.

Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa. kami sadar bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jau dari sempurna. Untuk itu,  kepada  dosen pembimbing  saya  meminta  masukannya  demi  perbaikan  pembuatan  makalah  kami  di  masa  yang  akan  datang dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.



                     Cirebon, 20 Januari 2015



                          JUNIATI




I
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..........................................................................................i
DAFTAR ISI......................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................1
A.         Latar Belakang Masalah......................................................................1
B.         Rumusan Masalah...............................................................................2
C.         Tujuan..................................................................................................2
. BAB II PEMBAHASAN
A.        Pengertian Microsoft Word...................................................................3
B.        Fungsi Microsoft  Word........................................................................3
C.        Sejarah Perkembangan Microsoft  Word.............................................6

BAB III PENUTUP. ........................................................................................35
            Kesimpulan..........................................................................................35
DAFTAR PUSTAKA.. .....................................................................................36








ii
BAB  I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Microsoft word adalah program yang sangat popular di Indonesia saat ini, dan telah menjadi standar bagi kantor-kantor modern. Hal ini karena kemudian dalam mengoperasikan, dan banyaknya fasilitas. Mulai dari pembuatan naskah sederhana sampai yang rumit dapat di tangani dengan mudah oleh word. Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainya, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect, dan lain-lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya .
Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki beberapa keunggulan dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis,misalnya menulis document, surat, famplet, kartu nama, brosur,dll dengan lebih baik.Microsoft word 2007 telah mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versi sebelumnya yaitu word 2003. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan Microsoft word 2007 versi Windows XP. Makalah ini di tujukan untuk dapat menguasai Ms. Word dengan mudah dan cepat.
                                                               







1
B. Rumusan Masalah
  1. Apa pengertian Microsoft word?
  2. Apa fungsi microsoft word?
  3. Bagaimana sejarah Microsoft word?

    C. Tujuan penulisan

  1. Untuk mengetahui pengertian Microsoft word
  2. Untuk mengetahui fungsi microsoft word
  3. Untuk mengetahui sejarah Microsoft word















2
BAB II
PEMBAHASAN

A.Pengertian Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

B. Fungsi Microsoft Word
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
  1. Jenis huruf
Agar dokumen yang dihasilkan tidak terlalu banyak mengalami editing dalam masalah “font”, sebaiknya tentukan dulu default font yang akan dipergunakan. (Menu Home+ Font)








3
  1. Pembuatan Numbering

Biasanya, pembuatan suatu dokumen mengacu kepada peraturan tertentu dalam pembuatan dokumen (misal Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka). Oleh karena itu, harus didefinisikan terlebih dahulu mengenai numbering yang sesuai dengan peraturan pembuatan suatu dokumen.

  1. Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
  1. Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen  terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” ,  Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
  1. Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at  … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)




4
  1. Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
  1. Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
  1. Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat
                













5
C.Sejarah Perkembangan Microsoft  Word
Pada tahun (1981-1990)
Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai. Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Pada Tahun 1990-1999
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat.

6
Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata. versi terakhir yaitu Microsoft Office 97 atau Office 8.0, Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
Pada Tahun 2000-2010
Tahun ini pertama di luncurkan Microsoft Office 2000.  Pada versi ini bayak opsi – opsi disembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. Jika ingin digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah Macro. Mengapa disembunyikan? Karena bisa menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95. Pada versi ini juga tidak ada Product Activation.
Microsoft Office XP, Bisa disebut sebagai versi 10.0 atau office 2002, merupakan upgrade besar – besaran dengan banyak perkembangan dan perubahan. Office XP mengenalkan fitur Safe Mode. Memungkinkan aplikasi contohnya Outlook untuk bisa booting ketika terjadi kesalahan. Safe mode memungkinkan Office untuk mendeteksi, membetulkan atau mem-bypass sumber dari permasalahan system, seperti registry yang corrupt.
Microsoft Office 2003, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication,




7
 RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.
Microsoft Office 2007 atau Office 12.0. Versi ini dirilis tahun 2007. Memiliki fitur baru. Juga adanya Groove, sebuah aplikasi kolaborasi. Office 2007 memiliki design tampilan baru yang bernama Fluen User Interface. Lalu adanya Ribbon UI sebagai pengganti menu dan toolbar. Untuk penginstallannya membutuhkan minimal Windows XP SP 2
1.    Microsoft Office Word 2003
Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.

2.    Microsoft Office Word 2007
Dirilis pada tahun 2007. Fitur baru Office 2007 ini termasuk antarmuka pengguna grafis baru yang disebut Fluent User Interface, menggantikan menu dan toolbar yang telah menjadi landasan Kantor sejak awal dengan toolbar tab, yang dikenal sebagai Pita; baru format file berbasis XML yang disebut Open Office XML, dan masuknya Groove, aplikasi perangkat lunak kolaboratif.








8
3.    Microsoft Office Word 2010
Diselesaikan pada tanggal 15 April 2010, dan dibuat tersedia bagi konsumen pada tanggal 15 Juni 2010. Office 2010 diberi nomor versi 14,0, untuk menghindari nomor versi 13.0 karena takhayul yang berhubungan dengan nomor tiga belas. Fitur utama dari Office 2010 termasuk menu file belakang panggung, alat-alat kolaborasi baru, pita disesuaikan, melihat dilindungi dan panel navigasi. Microsoft Office 2010 juga dilengkapi dengan logo baru, yang mirip dengan logo 2007, kecuali di emas, dan dengan bentuk yang sedikit dimodifikasi.


4.    Microsoft Office Word 2013
Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di
      bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah ExcelWord, dan PowerPoint. Versi terbaru dari Aplikasi Microsoft Office adalah Office 15 (Office 2013) yang diluncurkan 29 Januari 2013.




















9

Tampilan Versi Microsoft Word

Menu microsoft Word 2003

http://www.msoffice-tutorial-training.com/images/word-t1-pic2.gif
Fungsi
1. New, Membuat Dokumen baru
2. Open, Membuka file dari peranti / media penyimpan
3. Close, Menutup jendela dokumen aktif
4. Save, Menyimpan dokumen yang masih aktif
5. Save As, Menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau mengganti     nama file dokumen yang akan disimpan
6. Save As, Menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web
7. Web Page melihat contoh tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan dicetak
8. Page Setup, Mengatur halaman dokumen yang akan dicetak
9.  Print Preview, Melihat contoh hasil dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer
10. Print, Mencetak dokumen

10
11. Send To, Mengirim dokumen
12. Properties, Membuat ringkasan dari dokumen yang aktif
13. Exit, Keluar dari Word sebelum menutup semua dokumen
2. Menu Edit
Fungsi
1. Undo, Membatalkan perintah yang terakhir dilakukan
2. Repeat, Mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan melalui    perintah undo
3. Cut, Memotong sebagian atau seluruh data
4. Copi, Menyalin data
5. Paste, Menyisipkan / meletakkan hasil copi dan cut
6. Paste Special, Fasilitas pendukung perintah cut dan copi terhadap hyperlink pada dokumen
7. Clear, Membersihkan atau menghapus semua data yang ada di dokumen
8. Select All, Memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen
9. Find, Mencari data pada dokumen
10. Replace, Menggantikan data pada dokumen dengan data baru
11. Go to, Berpindah ke halaman tertentu dari dokumen bagian – bagian dari dokumen atau footnote
12. Link, Menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen
13. Objek, Mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link (objek Clipart, dll 


11
3. Menu View
Fungsi
1. Normal, menampilkan dokumen dalam status normal
2. Web Layouts, menampilkan dokumen dalam layouts web
3. Print Layouts, menentukan dokumen dalam layouts cetak
4. Outline, menampilkan struktur dokumen
5. Toolbar, memunculkan toolbar words
6. Ruler, memunculkan mistar dokumen
7. Dokumen map, memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri
8. Header dan Footer, membuat header dan footer sebagai efek cetakan
9. Comments, menampilkan toolbars reviewing dan comment pada dokumen
10. Footnotes, menampilkan cetakan kaki dokumen
11. Fullscreen, menampilkan dokumen satu tayangan penuh
12. Zoom, mengubah ukuran penampilan dokumen words
4. Menu Insert
Fungsi
1. Break, untuk membuat pemutusan halaman, section, kolom atau pun teks dari dokumen word
2. Page numbers, menyisipkan nomor halaman
3. Date and Time, menyisipkan tanggal dan waktu
4. Autotext, menyisipkan text tertentu
5. Field, menyisipkan field
12
6. Symbol, menyisipkan symbol
7. Comments, memberikan komentar lembar kerja
8. Footnote, menyisipkan catatan kaki dokumen
9. Cattions, menyisipkan judul table grafik atau persamaan dalam table
10. Croosreverense, menyisipkan reverensi silang
11. Index dan Tables, menyisipkan indeks dokumen, daftar isi, daftar gambar
12. Picture, menyisipkan gambar dari fasilitas cliptart, pronfile autosave organitations cart dan wordart
13. Textbox, menyisipkan kotak yang dapat diisi teks
14. File, menyisipkan file dokumen
15. Object, menyisipkan objek
16. Bookmark, menyisipkan bookmark
17. Hyperlink, menyisipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja dan membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di piranti penyimpanan 
5. Menu Format
Fungsi
1. Font, mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen
2. Paragraph, mengatur paragraph
3. Bullet and Numbering, mengatur pemberian tanda dan penomoran item
4. Border and Shading, mengatur batas-batas dan pembuatan efek bayangan
5. Columns, mengatur laju kolom dalam dokumen
6. Tabs, mengatur letak tabulasi dokumen
7. Changecase, mengubah huruf capital
13
8. Background, mengatur warna latar belakang dari dokumen
9. Theme, mengganti style dokumen
10. Frames, mengatur frames
11. Autoformat, mengatur secara otomatis
12. Style, mengatur style paragraph
6. Menu Tools
Fungsi
1. Spelling and Grammar, memeriksa ejaan pada kata dokumen
2. Language , mengatur penggunaan bahasa
3. Wordcount, penghitungan jumlah halaman huruf, kata dan paragraph
4. Autocorrect, untuk menggabungkan dokumen
5. Trackchanges,melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahan itu terjadi di dalam jaringan computer
6. Protect Document, mengamankan atau memproteksi dokumen online
7. Collaboration, menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya, fasilitas ini terdiri dari MeetnNow, Schedule Meeting dan Web Discussion
8. Mailmerge, menggunakan fasilitas mailmerge
9. Envelope and Lables , pembuatan surat dan label
10. Letter Wizzards, membuat surat dengan fasilitas bantuan dan word
11. Macro, membuat atau menjalankan program macro, mengedit atau menghapus macro


14
12. Templates and Add Ins, mengaktifkan atau menonaktifkan program Add and Templates Word
13. Options, pilihan dalam pengaturan
7. Menu Table
Fungsi 
Menu yang berhubungan dengan pembuatan table dalam dokumen. Dengan submenu sebagai beriku
1. Drawtable, membuat table dengan menggambar
2. Insert, menyisipkan table
3. Delete, menghapus data
4. Mergecells, menggabungkan sel-sel dalam table
5. Splitcels, memisahkan sel-sel dalam table
6. Convert, mengkonversi table kedalam teks atau sebaliknya
7. Sort, mengurutkan data dalam table
8. Table Property, menampilkan rangkuman dalam table
8. Menu Window
Fungsi
1. New Windows, memperlihatkan dokumen yang sedag di edit pada jendela baru
2. Arrange All, mengatur jendela dari dokumen
3. Split, membagi dokumen menjadi beberapa bagian



15
Menu microsoft Word 2007

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSFA-dFFyBvix4j0NBJLYDbSA0X6Yt5Yw5kEbAFW2uKcd8f6jPg65sjMQqp6G8H5ShGiDGOempavBNN7smmgXbOQoy5sHffyjVtw17Iks9XVQSODTQ1J_ij2qwB0qwLdcN6p__cA2xmes/s1600/word2007-screen.gif
 Keterangan :             
  • Office Button : Menampilkan menu-menu New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, Close dan Option.
  • Quick Access Toolbar: Berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan sehingga membantu kerja kita agar lebih cepat prosesnya.
  • Title Bar : Titel bar / baris judul untuk memanpilkan judul atau nama file yang sedang aktif atau sedang dibuka.
  • Tab Menu/ Menu Bar : Berisi perintah-perintah sesuai nama setip menu. Pada program aplikasi microsoft word terdapat 9 deret menu mulai dari menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Wondow, dan Help.
  • Ribbon: berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar.
  • Minimize Button : Untuk mengecilkan/ menyembunyikan tampilan lembar kerja.
  • Maximize Button: Untuk memaksimalkan/ menampilkan tampilan lembar kerja.
  • Ruler : Berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.
  • Page Number : Meunjukkan halaman yang sedang kita buka.
  • Number of Words : Menampilkan jumlah halaman, kata, huruf (tanpa spasi), huruf (dengan spasi), paragraf, dan baris.

16
  • Status Bar : Baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan, antara lain: Print Layout, Full Screen Reading, Web Layout, Outline, Draft, Page, dan Words.
  • Document Window : Tempat dimana kita dapat mengetikan teks / naskah yang akan kita olah.
  • View Buttons : Pengaturan jenis tampilan dokumen, antara lain: Print Layout, Full Screen Reading, Web Layout, Outline dan Draft.
  • Zoom : Mengatur besar tampilan lembar kerja.
  • Horizontal Scroll Bar : Untuk melihat data yang terdapat dalam satu lembar kerja yang melebihi tampilan suatu layar ke arah kanan atau kiri.
  • Vertical Scroll Bar : Untuk melihat data yang terdapat dalam satu lembar kerja yang melebihi tampilan suatu layar ke atas atau kebawah.
Menu microsoft Word 2010
https://cindyclaudia94.files.wordpress.com/2013/04/gambar-komputer.jpg

Menu microsoft Word 2013
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCIFvKgsk9IHcvQK9pyMVgCKKMkeSd_6JyzbhioCX82HLHopBK6iUwFIIRZ_DkQFZGEXM3TLWsT2CzmpZ8aF8_NMghZJAkmhCejQi76B6joNCKFW8g21qBWIY9yPnRYbBkkNe3UPgCvo4/s1600/WI-Labelled+%28Minus+Text+shadow%29%28flattened%29.png





17
BAB  III
PENUTUP

KESIMPULAN

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Fungsi Microsoft Word
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam  MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
·         Jenis huruf
·         Pembuatan Number
·         Pembuatan Outline
·         Pemakaian Break Section
·         Penomoran Halaman







18
Daftar Pustaka



Kristanto. Andri (2008) Perancangan Sistem Informasi, Andi,Yogyakarta

Kusrini. dan Koniyo Andri.(2007)Tuntutan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi Dengan Visual Basic Dan Microsoft SQL Server. Andi,Yogyakarta

MADCOMS, (2011),Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver dan PHP-MySQL, Andi, Yogyakarta.

Sigit W., Aloysius (2011),Website Super Canggih denagn Plugin jQuery Terbaik,. Cet. I, Mediakita, Jakarta.

SK. Menteri Perhubungan No.PM.10/Pw.301/Phb.77

Sutanta, Edhy. (2011),Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual, Andi,




















19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar